Trik Mengatasi Halaman Beranda Web Baru Migme Yang Tak Tampil Di Desktop

5/15/2017
Trik Mengatasi Halaman Beranda Web Baru Migme Yang Tak Tampil Di Desktop

Berawal dari pembaruan tampilan halaman beranda web migme yang terjadi pada akhir Februari 2017 lalu, sebuah masalah datang dari pengguna migme yang menggunakan perangkat desktop.

URL halaman beranda web migme yang mulanya beralamatkan di http://mig.me/home telah berubah menjadi https://new.mig.me/home. Perubahan yang cukup signifikan dapat kamu lihat pada protokol halaman beranda web terbaru yang telah terenkripsi karena URL halaman beranda web migme diproses atas perminataan https. Hal ini menjamin sambungan kamu sedang terlindungi dari penyapadan dan juga serangan.

Masalahnya, halaman beranda web terbaru migme tersebut ternyata tidak dapat tampil pada perangkat desktop. Setelah melalui proses log in, halaman beranda web terbaru hanya dapat menampilkan halaman kosong (blank) tanpa menu dan fitur migme. Apakah masalah ini dipengaruhi oleh protokol baru? Atau tidak ada kaitannya sama sekali? Perihal ini, penulis juga belum mengetahui jawaban pasti. Tim Temanmig, telah meminta konfirmasi atas masalah ini kepada migme, dan sampai artikel ini dimuat pihak migme belum menanggapinya.

Satu yang pasti dan perlu kamu ketahui adalah kode bahasa protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) yang sering di jumpai ketika kita hendak melakukan browsing atau membuka halaman website tertentu ini, memiliki pengertian yang sama yaitu sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan hypermedia. Kedua kode bahasa protokol ini mengambil sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang disebut dengan Hypertext Document yang kemudian membentuk World Wide Web.

Http merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu komunikasi antara jaringan komputer client dengan web server, begitu pun dengan https. Hypertext Transfer Protocol Secure atau disingkat https, punya peranan yang sama dengan http, hanya saja https memiliki kelebihan fungsi di segi keamanannya. Https menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sub-layer di bawah lapisan aplikasi http. Https bukan protokol yang terpisah, tetapi mengacu pada kombinasi dari interaksi http normal melalui SSL atau TLS. Hal ini menjamin perlindungan dari serangan eavesdroppers, dan serangan man in the middle. Jadi, situs web terbaru migme kali ini bisa jadi benar-benar terenkripsi.

Tapi, bagaimana dengan masalah halaman beranda web migme yang belum tampil pada perangkat desktop? Apa ada solusinya?

Yap, tentu ada solusi buat kamu yang punya masalah dalam menampilkan halaman beranda web di perangkat desktop. Dengan sedikit trik dari Temanmig, kamu mungkin bisa menampilkan halaman beranda web kembali di perangkat desktop kamu.

Didalam proses trik yang akan dilakukan, URL https akan dialihkan ke URL http. Resiko dari pengalihan URL ini yaitu data transfer kamu tidak sedang terenkripsi atau belum sepenuhnya aman. Penulis menyarankan, kamu sebaiknya pikir-pikir dulu deh. Apa kamu sudah siap dengan segala konsekuensinya? Kalau sudah siap, yuk cap cus dah di bawah ini.

1. Pertama-tama, lakukan log in (masuk) di https://accounts.mig.me/login

2. Setelah form halaman beranda terbuka, hapus lah URL halaman beranda web terbaru itu (https://new.mig.me/home?) pada kolom browser aplikasi peramban kamu,

Tampilan halaman web migme sebelum URL di alihkan


dan ganti dengan URL http://mig.me/discover/migworld?path=/

Ilustrasi pengalihan URL halaman beranda web baru migme ke URL halaman beranda web migme yang lama


3. Tekan tombol Enter. Maka link tersebut diatas akan membawa kamu ke halaman Discover migme dengan tampilan platform web lama. Tunggu beberapa detik, hingga halaman berhasil dimuat.

Nah gimana, sekarang kamu sudah bisa lagi kan chatting lewat platform web melalui perangkat desktop? Meski bukan dalam tampilan baru, trik di atas bisa kamu lakukan untuk sementara waktu. Sambil kita menunggu konfirmasi dari migme.

Tetap lakukan kegiatan yang wajar saat chatting agar kamu selalu aman. Jika kamu merasa trik ini tidak aman, kamu tidak harus mempraktikkannya.

Untuk menikmati pengalaman chatting di platform web, kamu bisa menggunakan aplikasi mobile browser di smartphone kamu. Dengar-dengar, tampilan migme di mobile web juga telah di perbarui.

(Artikel ini mengandung informasi yang perlu penanganan para ahli. Kebijakan pembaca diperlukan, harap kunjungi halaman Pernyataan Penyakalan (Disclaimer) kami.)

RELATED POSTS

Previous
Next Post »