6 Pesan Dari Admin dan Moderator Yang Bakal Kamu Temui Kalau Nakal Di Dalam Chat Room Migme

6/05/2017
6 Pesan Dari Admin dan Moderator Yang Bakal Kamu Temui Kalau Nakal Di Dalam Chat Room Migme

Kita sepakat bahwa setiap pengguna internet memiliki kebebasan mengekspresikan diri di media sosial atau bebas berpendapat di dunia maya. Namun sebagian pengguna internet terkadang lalai karena berperilaku terlalu bebas seakan tidak terkendali lagi. Akibatnya bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan dan menggangu kenyamanan orang lain.

Begitu banyak contoh kasus penyalahgunaan kebebasan berekspresi dan berpendapat di dunia maya atau di media sosial yang dapat kita jadikan tamparan untuk mengoreksi diri kita agar lebih berhati-hati menggunakan internet.

Di migme sendiri khususnya untuk fitur chat room pada umumnya dikenal beberapa ciri perilaku menyimpang yang dianggap oleh para administrator dan moderator menggangu kenyamanan pengguna lain di dalam chat room, adapun 4 diantaranya yaitu:
  • Menggunakan aplikasi third party atau perangkat lunak modifikasi dari pihak ke tiga yang memiliki fungsi robot otomatis atau fitur pengirim konten otomatis di dalam chat room. Perilaku ini dikenal sebagai abusing atau pengguna yang menyalahgunakan aplikasi.
  • Mengirimkan pesan dengan karakter melebihi jumlah sewajarnya dengan konten yang serupa secara cepat dan berulang kali. Perilaku ini dikenal sebagai flooding atau pesan yang membanjiri chat room sehingga pesan yang telah dikirim pengguna lain tenggelam atau terlewatkan.
  • Memasukan akun milik sendiri sebanyak-banyaknya hingga mengurangi kapasitas atau muatan partisipan di dalam chat room. Perilaku ini dikenal sebagai multy using atau pengguna banyak akun tidak efisien.
  • Mengirimkan konten atau link yang menjurus pada penipuan, pornografi, pelecehan, perjudian, menyebarkan kebencian, menghasut, mengancam, menista, membujuk pengguna lain untuk melakukan hal negatif, atau mengirimkan sekumpulan gambar luka yang menyeramkan tanpa konteks tambahan dan lain sebagainya. Perilaku ini dikenal sebagai spamming atau konten yang tidak diinginkan untuk diterima pengguna.

Tiga ciri perilaku pengguna migme di atas seperti flooder, multy user, spammer sudah termasuk dalam kategori abuser dan sebenarnya masih banyak ciri-ciri penyalahgunaan aplikasi lainnya yang dapat diidentifikasi sebagai pelaku penyimpangan dimana ini semua bergantung pada peraturan chat room yang telah dibuat dan disepakati oleh administrator dan moderator di dalam chat room.

Setiap chat room punya peraturan berbeda-beda dan masing-masing pengelolah chat room pun memiliki gagasan mereka sendiri terhadap perilaku abusing. Namun pada chat room yang dikelolah langsung oleh pihak migme peraturannya sangat ketat sehingga ke empat perilaku abusing di atas tidak dianjurkan untuk kamu praktikkan.

Karena jika kamu melupakan hal ini maka salah satu atau beberapa pesan dari administrator dan moderator di bawah ini mungkin akan kamu temui (tergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan).

Berikut contoh 6 pesan sistem yang akan dikirim ke dalam chat room atas perintah atau permintaan administrator dan moderator untuk menindak pelaku abusing:

Misalnya username administrator dan moderator-nya ialah @temanmigofficial dan nama chat room yang kamu masuki adalah Indonesia.

1. Kicked (Ditendang)

Ilustrasi pengguna migme yang ditendang keluar dari dalam chat room

Contoh:
"You have been kicked by chatroom admin temanmigofficial" atau "You have been kicked by chatroom moderator temanmigofficial"

Pesan ini menginformasikan kepada kamu bahwa kamu telah ditendang keluar dari dalam chat room oleh adminstrator atau moderator chat room.

Kamu boleh masuk (enter) ke dalam chat room itu kembali setelah beberapa jam - setidaknya 1 jam kemudian. Jika kamu masih berusaha untuk masuk kembali (rejoin) sesaat setelah penendangan, maka pesan error akan tampil seperti ini "Unable to join chat room - You were recently kicked from the Indonesia chatroom. You may not rejoin at this time.".

2. Banned (Dilarang)

Ilustrasi pengguna migme yang dilarang masuk ke dalam chat room

Contoh:
"You have been banned by chatroom admin temanmigofficial" atau "You have been banned by chatroom moderator temanmigofficial"

Pesan ini menginformasikan kepada kamu bahwa kamu telah dilarang masuk ke dalam chat room oleh adminstrator atau moderator chat room.

Kamu boleh masuk ke dalam chat room itu kembali jika administrator atau moderator chat room bersedia untuk mengizinkan kamu masuk kembali. Jika kamu memaksa untuk masuk sesaat setelah adanya pelarangan, maka pesan error akan tampil seperti ini: "Unable to join chat room - You have been banned from the chat room Indonesia".

3. Kicked & Banned (Ditendang dan Dilarang)

Ilustrasi pengguna migme yang ditendang keluar sekaligus dilarang masuk ke dalam chat room

Contoh:
"You have been kicked by chatroom admin temanmigofficial. You are permanently banned entering this chatroom."

Pesan ini menginformasikan kepada kamu bahwa kamu telah ditendang (kicked) sekaligus dilarang (banned) masuk ke dalam chat room oleh adminstrator chat room.

Kamu boleh masuk ke dalam chat room itu kembali jika administrator chat room bersedia untuk mengizinkan kamu kembali masuk chat room dan setelah kamu di izinkan, kamu masih harus menunggu beberapa jam - setidaknya 1 jam kemudian, ini karena efek penendangan masih ada.

4. Silenced (Dibungkam)

Ilustrasi pengguna migme yang dibungkam di dalam chat room

Contoh:
"You have been silenced by temanmigofficial. You will not be able to send messages for the next 10 seconds."

Pesan ini menginformasikan bahwa kamu tengah dibungkam selama waktu yang telah di tentukan administrator atau moderator dalam hitungan detik.

Pada contoh di atas menunjukkan 10 detik masa pembungkaman, itu berarti kamu tidak dapat mengirim pesan apapun ke dalam chat room selama 10 detik kedepan. Sekalipun kamu mencoba untuk masuk kembali, efek pembungkaman masih tetap berjalan.

5. Bumped (Dibenturkan)

Ilustrasi pengguna migme yang dibenturkan keluar dari dalam chat room

Contoh:
"You have just been bumped out the chatroom Indonesia due to violating the rules of this chatroom by administrator temanmigofficial."

Pesan ini menginformasikan kepada kamu bahwa kamu telah dibenturkan keluar dari dalam chat room oleh adminstrator atau moderator chat room.

Kamu boleh masuk ke dalam chat room itu kembali setelah beberapa menit - setidaknya 4 menit kemudian. Jika kamu masih berusaha untuk masuk kembali sesaat setelah pembenturan, maka pesan error akan tampil seperti ini "You have just been bumped out the chatroom Indonesia due to violating the rules of this chatroom by administrator temanmigofficial.".

6. Warning Message (Diperingatkan)

Ilustrasi pengguna migme yang diberi pesan peringatan di dalam chat room

Contoh:
"Your chatroom moderator has a warning message for you: tetap menjaga kenyamanan bersama. Do adhere to chatroom Do's and Don'ts at all times."

Pesan ini menginformasikan bahwa kamu diberi sebuah pesan peringatan oleh administrator atau moderator untuk mematuhi peraturan chat room yang ada dan berharap kamu tidak mengulangi kesalahan.

Dengan ikhlas mengoreksi kesalahan kita dan bila perlu meminta maaf kepada pengguna lain atas perbuatan yang kita lakukan di dalam chat room, penulis rasa para administrator dan moderator yang melihat tindakan kita akan memberikan kesempatan dan mempertimbangkan kembali pemberian sanksi kepada kita.

Jika kamu merasa tidak melanggar peraturan chat room atau tidak melakukan kesalahan apapun namun diberi tindakan kick, ban, bump, dan silence oleh administrator dan moderator di dalam chat room yang kamu kunjungi, segaralah hubungi yang bersangkutan untuk meminta klarifikasi.

Apabila kamu menemukan bukti adanya penyelewengan kekuasaan atau kekuatan atas migmemod atau moderator yang bertugas di public chat room, maka segeralah melaporkan kejadian tersebut melalui email (contact@mig.me) untuk migmemod dan hubungi (@indo_komunitas ) untuk moderator.

Pengendalian diri serta rasa bertanggungjawab sudah seharusnya ditanamkan pada diri kita masing-masing sebagai peselancar dunia maya dan media sosial. Bisa jadi karena kekhilafan atau ketidak tahuan kita terhadap sesuatu sehingga terjadi kesalahan atau kesalahpahaman. Tidak satupun dari kita yang luput dari kesalahan, karena sesungguhnya kesalahan itu adalah bagian dari kesempurnaan kita.

Tetaplah mendukung perdebatan sehat, dan jadilah pengguna internet yang positif agar kita terhindar dari penyalahgunaan internet dan social media.
 BACA JUGA: Ngobrol Jadi Lebih Nyaman Pakai Chatroom Command Migme

RELATED POSTS

Previous
Next Post »