Steven Goh: Menjadi Founder Tunggal Sekaligus CEO itu Kesepian dan Sulit

5/25/2017
Steven Goh: Menjadi Founder Tunggal Sekaligus CEO itu Kesepian dan Sulit

Para pengusaha atau enterpreneur dalam dunia startup identik dengan kesuksesan mereka dalam mengembangkan bisnis, sehingga sang pendiri atau founder startup seringkali dibayangkan sebagai orang yang ulet, terbuka, dan super sibuk. Bayangan tersebut bisa saja benar, namun presepsi ini dapat menjadi beban bagi founder dan itu bisa menyebabkan stres, apalagi dibawah tekanan masalah pribadi dan pekerjaan, cukup sulit untuk melepaskan semua masalah.

Jalan menuju sukses bagi sebagian besar seorang enterpreneur sering terjal dan terasa sunyi, didalam diri bisa penuh akan ketidaknyamanan, terutama bagi pendiri perusahaan tunggal. Seperti yang digambarkan oleh Steven Goh, CEO migme Limited (mig33) - yang juga founder tunggal.

Steven tak basa-basi menceritakan perjalanan enterpreneurship-nya. Ia berkata "Kesepian dan sulit. Orang-orang mengatakan bahwa jika menjadi CEO, Anda akan berjalan sendiri bahkan lebih kesepian lagi jika menjadi founder dan CEO sekaligus. Selama masa sulit, tidak ada yang akan membantu Anda kecuali diri Anda sendiri.”.

Masa-masa sulit telah banyak dialami Steven. Pemberitaan miring sempat menghampirinya di tahun 2013, ia dituduh berselingkuh dengan seorang asisten sekretaris di National Solidarity Party oleh outlet berita utama di Singapura, sampai media tersebut akhirnya mencabut artikel mereka dan mengeluarkan permintaan maaf.

Walau masalah pribadi membawa dampak bagi kinerjanya membangun perusahaan, dengan optimis Steven bisa keluar dari lembah depresi. Perusahaan induk mig33 yaitu Project Goth Inc. yang didirikannya sejak Desember 2006 berlahan meroket.

Pada bulan Januari 2014, mig33 diakuisisi oleh Latin Gold Limited, perusahaan Australia yang melakukan eksplorasi mineral dan investigasi proyek. Akuisisi ini membuat Latin Gold berganti nama menjadi mig33 dan terdaftar di bursa saham utama Australia, yaitu Australian Securities Exchange (ASX).

Pada bulan April 2014, mig33 mendapat suntikan dana dari perusahaan investasi FIH Mobile Limited yang merupakan perusahaan raksasa perakitan elektronik Hon Hai atau lebih dikenal sebagai Foxconn. Setelah mendapat investasi besar itu, pada Juni 2014 - mig33 resmi melakukan rebranding menjadi migme Limited (ASX: MIG).

Perjalanan panjang yang berliku dan memilukan, serta naik turunnya saham perusahaan besutan Steven Goh, tak membuat pria yang mencintai dunia photography itu menyerah akan risiko dihadapannya.

Dunia bisnis memang dunia yang penuh risiko. Keberanian mengambil risiko adalah modal pertama untuk membangun sebuah usaha. Tapi keberanian mengambil risiko tanpa diiringi kemampuan membuat analisis terhadap risiko tersebut sama saja dengan memasuki pintu kegagalan.

Steven pun membagi nasihat kepada enterpreneur muda yang menjadi founder tunggal dalam memperjuangkan bisnisnya. “Jalani, dan bertanggungjawablah untuk diri sendiri. Ketika orang-orang mengatakan sukses, itu adalah 1% inspirasi dan 99% keringat kita, mereka benar-benar secara dramatis meremehkan usaha kita."; "Jika visi Anda berharga, tetap fokus pada hal itu dan Just Do It.”.

RELATED POSTS

Previous
Next Post »