Ukuran Foto Profil Dan Foto Sampul Migme

10/11/2015

Seperti halnya media sosial pada umumnya, migme juga memungkinkan penggunanya melengkapi akun mereka dengan foto profil dan juga foto sampul. Pada desain aplikasi migme yang baru, setiap foto profil saat ini ditampilkan dalam bingkai berbentuk lingkaran, sedangkan untuk foto sampul ditampilkan berbentuk persegi panjang.

Namun dibalik desain halaman profil baru migme, beberapa pengguna justru bertanya-tanya tentang profile ini. Berapa sih ukuran foto profil dan foto sampul migme ini?

Bukan tanpa masalah mereka menanyakan hal tersebut. Kebanyakan pengguna memang kesulitan dalam menentukan ukuran foto yang pas ketika memasang foto profile dan foto sampul mereka. Padahal sebelum menetapkan foto sampul, kita sebenarnya dapat menggeser dan mengatur ukuran lebar dan panjang foto sampul sesuai dengan keinginan kita.

Kalau untuk masalah dalam memasang foto profil pernah sekali saya alami sendiri loh. Foto selfie yang awalnya saya upload terlihat bagus ternyata pada saat dijadikan sebagai foto profile, wajah saya di dalam foto tidak ikut masuk dalam bingkai lingkaran, yang ditampilkan dalam foto profile saya malah cuma leher dan setengah wajah saya saja, hmm. Setelah saya cari tahu ternyata penyebab utama dari masalah ini adalah dimensi fotonya yang kurang tepat.


Solusi untuk foto profil ini yaitu dengan cara meng-croping atau memotong fotonya terlebih dahulu sebelum foto akhirnya kita upload. Ada dua bentuk dan ukuran yang saya sarankan untuk memotong foto profil migme yang ukurannya terlalu besar.  Pertama, kita bisa memotongnya berbentuk persegi empat dengan ukuran 200 x 200 Pixels. Kedua, kita bisa juga memotongnya berbentuk lingkaran dengan ukuran 100 x 100 Pixels dengan format PNG. Sebelum meng-croping, posisikan objek foto tersebut berada ditengah, misalnya objek utamanya adalah wajah maka posisikanlah wajah kamu berada di tengah.

Sedangkan ukuran yang pas untuk foto sampul migme yaitu 960 x 300 Pixels. Jika ukuran foto sampul yang kamu siapkan melebihi 960 x 300 Pixels, saya sarankan agar potonglah foto itu terlebih dahulu dengan ukuran 960 x 300 Pixels agar kamu tidak perlu lagi menggeser foto sampulnya.

Contoh foto sampul yang dapat dipakai untuk percobaan.
Untuk memudahkan kamu meng-croping/memotong foto-foto kamu berbentuk persegi panjang, persegi empat dan lingkaran tadi, kamu bisa menggunakan software seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Photoshop atau software pengolah gambar lainnya.

RELATED POSTS

Previous
Next Post »