Siapa Bilang Aplikasi Migme Java Tak Bisa Kirim Sticker? Java Tentu Bisa

11/10/2016

Siapa bilang di aplikasi Java (Midlet) kamu tidak bisa mengirim sticker migme?

Aplikasi migme untuk platform Java memang tidak dilengkapi tombol atau menu untuk mengirim sebuah sticker, tapi tahukah kamu kalau sticker migme mulai ada sejak Juni 2013 silam, dimana rata-rata pengguna migme waktu itu masih menggunakan aplikasi J2ME khususnya mig33 v4.2 yang rilis pada tahun 2009.

Meski terkesan jadul, aplikasi migme untuk platform Java masih saja menjadi andalan pengguna migme buat chatting loh! Bahkan saat artikel ini dimuat, pengguna migme di Indonesia masih cukup banyak yang setia menggunakan aplikasi Java.

Rasa penasaran membuat saya mencoba mensurvei 10 orang pengguna migme Indonesia tentang seberapa sering mereka menggunakan sticker, dan aplikasi apa yang sering mereka gunakan. Ternyata 3 diantaranya online menggunakan aplikasi mig33 v4.2 dengan keluhan yang sama yakni belum tahu cara mengirim sebuah sticker lewat aplikasi Java tersebut.

Jika kamu punya masalah yang sama seperti tiga pengguna diatas, ayo ikuti langkah-langkah mengirim stickers migme berikut ini.

1. Beli Dulu Sticker-nya
Gimana mau ngirim sticker-nya kalau belum punya sticker migme? Nah untuk langkah pertama, pastikan dulu apakah kamu sudah beli sticker migme-nya atau belum?.

Berbagai macam koleksi sticker migme terbaru bisa kamu dapatkan di menu Store pada aplikasi migme atau mig33 yang kamu pakai.

BACA JUGA: Migme Gratiskan Semua Koleksi Sticker

2. Unduh File Nama Ekspresi Sticker-nya
Jika sudah punya sticker migme-nya, sekarang kamu wajib tahu nama-nama setiap ekspresi dalam satu paket sticker yang kamu punya. Satu paket sticker migme biasanya terdapat 10 sampai 30 lebih ekspresi yang berbeda-beda.

Nama-nama ekspresi sticker dibutuhkan sebagai sumber acuan kamu dalam pengiriman sticker nanti. Nama-nama ekspresi sticker sangat berpengaruh untuk langkah selanjutnya.

Untuk mengetahui nama-nama ekspresi sticker yang kamu punya, saya sudah menyiapkan nama-nama ekspresi sticker-nya dalam bentuk file dokumen PDF. Kamu cukup klik tombol 'Unduh File" berwarna hitam dibawah ini untuk mengunduh file nama-nama ekspresi sticker-nya.


Dokumen sticker akan terus di update setiap kali ada perubahan atau penambahan sticker di migme, hal ini bergantung  pada sistem migme yang sedang berjalan.

3. Gunakan Command-nya
Setelah dokumen sticker di unduh, buka dokumennya dan perhatikan kolom Perintah (command) pada tabel. Ketik perintah atau command "/sticker" bersama nama ekspresi sticker yang tersedia. Kirimkan command tadi pada saat kamu chatting, maka sticker akan langsung ditampilkan didalam obrolan kamu.

Format pengiriman:
/sticker<spasi>nama ekspresi sticker

Contoh:
/sticker GreenAwesome

Nah dengan 3 langkah ini, sekarang kamu bisa mengirim berbagai macam koleksi sticker migme dengan ponsel Java kesayangan kamu deh.

Penulis menyadari bahwa kemampuan ponsel Java dalam membaca file PDF mungkin harus didukung oleh software tambahan PDF Reader. Penulis menyarankan kepada teman-teman pengguna ponsel Java agar mengunduh file dokumen tersebut melalui PC, lalu di print agar teman-teman mudah melihatnya kapan saja.

Cara mengirim sticker ini memang dilakukan secara manual, namun inilah cara satu-satunya yang diberi migme untuk mengirim sticker bagi pengguna Java, bahkan cara ini berlaku untuk pengguna migme di platform Web, Android dan iOS.


Fun Fact
Pada Agustus 2015, migme pernah membuat sebuah aplikasi J2ME baru yang diberi nama migChat sebagai Trial Version. Dua bulan setelahnya, pada Oktober 2015 migme merilis aplikasi migMini sebagai Final Version dari migChat. Kamu bisa mengunduh migMini disini.

RELATED POSTS

Previous
Next Post »