Cara Merakit Paper Craft MigMascot

3/05/2016


Saya asumsikan teman-teman telah mengunduh file paper craft atau boneka kertas migMascot-nya terlebih dulu. Jika belum, silakan unduh file paper craft-nya pada postingan sebelumnya di Yuk Unduh Paper Craft Yang Lucu.

Kalau paper craft sudah di unduh, sekarang siapkan alat-alat dan bahan-bahannya seperti di bawah ini.

Persiapan
1. Printer.
2. Kertas polos berwarna putih.
3. Guting.
4. Lem kertas.
5. Silet atau Craft Knife (jika ada).
6. Papan alas atau Self healing cutting mat (jika ada).
7. Mistar (jika ada).

Tahap Mencetak
Untuk mendapatkan kualitas yang baik, gunakanlah kertas yang agak sedikit tebal seperti kertas manila atau semacamnya. Kertas manila ini memang cukup besar tapi bisa kamu potong menjadi empat bagian dan tetap masih bisa di print kok. Atau coba gunakan jenis kertas Art Paper ukuran A3 150 gsm agar permukaan gambarnya lebih halus dengan efek mengkilap. Tapi kalau untuk uji coba, gunakan saja jenis kertas HVS ukuran A4 80 gsm.

Beda kertas beda juga jenis tinta yang cocok untuk digunakan pada printer kamu. Kalau kamu memilih kertas manila dan HVS maka gunakanlah tinta tipe Dye Base yang biasa di pakai pada printer standar. Tapi kalau kamu memilih kertas art paper, maka gunakanlah tinta bertipe Pigment karena pada permukaan kertas art paper yang halus sangat cocok jika dicetak dengan tinta Pigment yang tahan air.

Setelah sudah menentukan kertas bersama tipe tintanya dan paper craft tadi sudah kamu print, tahap selanjutnya adalah merakit.

Tahap Merakit
1. Gunting semua sisi pola gambar dengan rapi.

2. Pada bagian kepala paper craft, iris kedua garis horizontal yang tersedia (gunakan bantuan mistar agar lurus). Dan pada bagian badan paper craft, iris kedua tangan paper craft mengikuti garis luar berwarna hitam yang tersedia. Gunakan silet atau Craft knife untuk mengiris, jangan gunakan pisau yang terlalu tebal.

3. Lipat kedalam seluruh garis putus-putus berwarna putih sesuai pola yang tersedia pada bagian kepala dan badan paper craft.

4. Awali pada bagian kepala paper craft, lumuri dengan lem ke seluruh ujung pola yang bertuliskan GLUE.

5. Rekatkan dengan rapi seluruh permukaan huruf A, B, C, D, E, F, G sampai tulisan yang ada tidak nampak lagi dan membentuk kotak.

6. Pada bagian badan paper craft,  lumuri dengan lem ke seluruh ujung pola yang bertuliskan GLUE.

7. Rekatkan dengan rapi seluruh permukaan huruf H, I, J, K sampai tulisan yang ada tidak nampak lagi dan membentuk persegi panjang.

8. Dan terakhir, hubungkan ujung bagian badan paper craft ke irisan horizontal yang ada pada bagian bawah kepala paper craft migMascot tadi.

RELATED POSTS

Previous
Next Post »